Saturday, November 13, 2010

Profil kota Kupang

Dari segi administratif dan pemerintahan, kota Kupang yang terletak di pulau Timor, telah ditetapkan sebagai ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur. Menurut bahasa daerah setempat, nama Kupang memiliki arti “kasih” dan dilambangkan dengan burung merpati di atas dua telapak tangan. Walaupun demikian, kota Kupang sering juga disebut dengan “Kota Karang” karena begitu banyaknya batu karang yang tersebar di seluruh kota ini.

Firman Tuhan di Matius 16:18 berkata bahwa Yesus akan mendirikan gerejaNya di atas batu karang. Sesuai Firman tersebut, dengan begitu banyaknya batu karang di kota Kupang, demikianlah banyaknya jumlah persekutuan di kota Kupang. Tercatat ada kurang lebih 6000 persekutuan doa di kota Kupang dengan berbagai latar belakang dan visi yang berbeda-beda. Dan juga terdapat lebih dari 2000 gereja yang tersebar di berbagai penjuru kota Kupang yang mayoritas merupakan gereja injili GMIT (Gereja Masehi Injil Timor).

Kota Kupang dengan kepadatan penduduk sekitar 383.396 jiwa dan luas 180,27 km2 merupakan kota yang berbasis pada pariwisata, perdagangan dan pendidikan. Kota Kupang telah menarik minat wisatawan dari berbagai mancanegara oleh karena keindahan pasir putih pantainya dan laut biru nan cantik dan indah. Bahkan, sejak tahun 2006, kota Kupang telah dijadikan salah satu kota persinggahan bagi rally yacht tingkat dunia. Oleh karena posisi Kupang yang sangat strategis ini, Kupang juga telah menjadi pintu masuk perdagangan barang-barang dari berbagai belahan Indonesia menuju seluruh NTT dan juga sebaliknya.

Kota Kupang juga memiliki banyak kampus dan sekolah tinggi dengan berbagai spesialisasi jurusan yang berbeda-beda. Bahkan universitas negeri UNDANA (Universitas Cendana) yang menjadi primodana bagi masyarakat NTT, juga terletak di kota ini. Tidak mengherankan jika pada akhirnya kota Kupang memiliki daya tarik tersendiri bagi anak-anak muda NTT untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itulah, kita dapat menemukan komunitas-komunitas mahasiswa di Kupang yang berasal dari berbagai macam suku di NTT.

No comments:

Post a Comment